Semarakkan Gerak Jalan 17 km Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022, MTs. Abu Darrin Luncurkan Ksatria ‘Jiwa Api’ dan ‘Jiwa Angin’

Bojonegoro, 21 Agustus 2022

mtsabudarrin.sch.id – Rangkaian kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun 2022 di Bojonegoro hingga saat ini masih belum usai. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan (kembali) event akbar yang sebelumnya sempat hiatus selama dua tahun karena pandemi covid-19. Tidak lain, event tersebut adalah “Gerak Jalan 17 km Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022”. Acara besar ini mendapatkan sambutan yang positif dari berbagai pihak, baik dari lembaga-lembaga pendidikan khususnya jenjang menengah ke atas maupun masyarakat luas.

Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 20 Agustus 2022, gerak jalan ini diikuti oleh 189 regu dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMP/ MTs., SMA/ MA/ SMK, hingga perguruan tinggi se-Kabupaten Bojonegoro. Lokasi start gerak jalan tahun ini bertempat di depan SMPN 1 Dander, Desa Sumberarum Kec. Dander Kab. Bojonegoro, dengan mengambil rute Jl. Raya Dander-Temayang, Jl. Raya Dander, Jl. KH. Moch. Rosyid, Jl. HOS. Cokroaminoto, Jl. Rajekwesi, Jl. MH. Thamrin, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Teuku Umar, Jl. WR. Supratman, Jl. Rajawali, Jl. Imam Bonjol, hingga finish di depan Kantor Bupati Bojonegoro, Jl. P. Mas Tumapel, Kel. Kadipaten, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

Menyambut event gerak jalan akbar ini, MTs. Abu Darrin mengirimkan 2 regu ‘ksatria’, yaitu 1 regu Putra dan 1 regu Putri. Sebelum kontingen gerak jalan MTs. Abu Darrin ini berangkat menuju lokasi, Ibu Hj. Farida Iana, S.Ag, Kepala MTs. Abu Darrin, berkenan hadir untuk memberikan arahan, motivasi sekaligus nasihat kepada kontingen, agar senantiasa menjaga akhlak mulia dan nama baik madrasah selama berlaga di medan gerak jalan. Doa bersama yang dipimpin oleh beliau kemudian mengakhiri sesi pembekalan ini, pertanda bahwa para ‘ksatria’ gerak jalan MTs. Abu Darrin siap untuk berangkat menuju medan ‘pertempuran’.

Ibu Hj. Farida Iana, S.Ag (paling kiri), Kepala MTs. Abu Darrin, dalam sesi pembekalan sebelum keberangkatan kontingen gerak jalan MTs. Abu Darrin. (mas khozin/ Media MTs. AD)

Berbekal semangat, doa, dan hasil latihan selama hampir 2 minggu, kontingen MTs. Abu Darrin bertolak menuju ‘medan tempur’, menjalankan amanah dari madrasah, menampilkan potensi terbaik dalam baris-berbaris dan gerak jalan dengan semangat 45. Lokasi yang dituju tidak lain adalah titik start gerak jalan, yaitu depan SMPN 1 Dander, Desa Sumberarum Kec. Dander Kab. Bojonegoro. Sesampainya di sana kontingen MTs. Abu Darrin telah dijemput oleh keramaian dari para penonton serta kontingen-kontingen dari sekolah lain. Berdasarkan hasil undian, regu Putra mendapatkan nomor start 74, sedangkan regu Putri mendapatkan nomor 72. Dengan nomor ini maka kontingen MTs. Abu Darrin masih mempunyai waktu untuk beristirahat sekaligus mematangkan persiapan show off gerak jalan dari para santri MTs. Abu Darrin.

Senyum dan semangat, regu gerak jalan Putri MTs. Abu Darrin berfoto bersama Bapak Achmad Fachruddin Ma’arif, S.Pd (kiri) dan Bapak Abdul Ghofur, S.Pd.I (kanan) sembari menunggu panggilan keberangkatan dari Panitia Gerak Jalan 17 km Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022. (mas ulum/ Media MTs. AD)

Sekitar pukul 13.45 WIB, gema panggilan pemberangkatan dari panitia menggelegar, memecah ‘waktu santai’ kontingen gerak jalan MTs. Abu Darrin. Semangat kuat menyelimuti jiwa seluruh personel gerak jalan MTs. Abu Darrin, memenuhi panggilan pemberangkatan tersebut. Meskipun sempat terjadi sedikit kendala teknis, namun kontingen MTs. Abu Darrin dapat mengikuti proses start gerak jalan dengan baik dan lancar. Semangat 45 mengiringi perjuangan putra-putri pilihan MTs. Abu Darrin dalam melaksanakan amanah yang diberikan oleh madrasah, menyelesaikan kegiatan gerak jalan dengan sebaik-baiknya. Warna hijau serta logo almamater yang membalut estetis seragam regu gerak jalan MTs. Abu Darrin menaburkan nuansa ketenangan, kesegaran, dan kesejukan bagi siapapun yang memandangnya. Selama perjalanan, secara berkala baik regu Putra maupun Putri dengan lantang menggaungkan yel-yel MTs. Abu Darrin, Mars Syubbanul Wathon, sholawat Nariyah, dan nadhom Aqidatul Awwam untuk mendongkrak semangat mereka sekaligus menggoyahkan semangat regu-regu lawan. Sesekali, ‘perang’ yel-yel tidak dapat dihindarkan manakala dua regu saling berdekatan, bahkan bersalip-salipan. Dan ini, bagi kontingen gerak jalan MTs. Abu Darrin adalah suplemen yang justru akan semakin menguatkan mental mereka.

Semakin jauh meniti langkah, setelah lewat beberapa kilometer, peluh mulai menghiasi raut wajah para pejuang MTs. Abu Darrin ini. Rasa letih mulai datang menghampiri. Terlebih lagi selama beberapa hari lalu mereka telah menjalani latihan secara intensif yang tentunya ikut memangkas stamina mereka. Sehingga selang beberapa jarak, beberapa personel dari regu Putri perlu melakukan pergantian. Dikomandoi oleh Bapak M. Nasihul Huda, S.Pd selaku Koordinator Regu Cadangan, para personel cadangan dengan sigap menggantikan rekan-rekan yang membutuhkan pergantian untuk istirahat. Regu Putra pun tidak luput dari pergantian dua personelnya setelah melalui lebih dari setengah perjalanan. Rasa haus dan lelah memang menjadi salah satu rintangan yang paling berat dalam gerak jalan. Namun demikian, ‘Jiwa Api’ dan ‘Jiwa Angin’ senantiasa melekat kuat pada sanubari seluruh ‘ksatria’ gerak jalan MTs. Abu Darrin ini.

Tampan dan berani, regu gerak jalan Putra MTs. Abu Darrin 2022 kobarkan ‘Jiwa Api’, semangat tanpa batas. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Anggun dan berenergi, regu gerak jalan Putri MTs. Abu Darrin 2022 hembuskan ‘Jiwa Angin’, kesejukan tiada henti. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Meskipun kaki serasa semakin berat dan badan semakin penat, namun berkat semangat yang kuat, atas ridho Allah subhanahu wata’ala akhirnya putra-putri MTs. Abu Darrin ini mampu menyelesaikan tugas juang gerak jalan dengan selamat. Selamat lahir dan batin, tanpa kendala fatal apapun hingga garis finish tepat sebelum adzan Maghrib berkumandang. Di sana mereka sudah ditunggu oleh rombongan Bapak KH. M. Na’imuddin Dimyathi selaku Pengawas dari Yayasan Pendidikan Abu Darrin (YPAD) unit MTs. Abu Darrin beserta Ibu Hj. Aizatul Mardliyah, S.Pd. Rasa lega, senang, dan puas menghiasi jiwa mereka. Rasa letih, lelah, dan penat seolah terbayar tuntas tanpa sisa. Inilah yang akan menjadi kenangan bersejarah bagi mereka, kenangan akan kepayahan namun tersiram oleh keindahan, kenangan yang akan terukir abadi dalam setiap sudut memori mereka.

Berbagi pengalaman, komandan regu Putra, Zalfa Awwala Qurota A’yun (yang akrab dipanggil Sahabat Zalfa) dari kelas 9D, mengaku bahwa gerak jalan periode ini memiliki kesan tersendiri baginya, bahkan lebih berkesan daripada gerak jalan 8 km yang pernah ia lakoni saat masih MI (Madrasah Ibtidaiyah) dulu. Ia merasa gerak jalan kali ini jauh lebih seru, lebih menantang dan melelahkan dengan jarak tempuh yang jauh, serta lebih sensasional. “Gerak jalan itu menyenangkan dan seru. Latihannya memang berat, tetapi karena ada keseruan itu maka semua rasa lelah jadi hilang.” ucapnya dengan yakin.

Terkait performance dari kontingen gerak jalan MTs. Abu Darrin ini, salah satu guru olahraga sekaligus pembina gerak jalan MTs. Abu Darrin, Bapak M. Rizky Dedy Saputra (yang lebih akrab dipanggil Bapak Kiki) menuturkan, meskipun latihan dan persiapan gerak jalan kontingen MTs. Abu Darrin sudah mencapai 90%, tetapi kondisi di lapangan menunjukkan adanya beberapa hal yang terjadi di luar perkiraan. Salah satunya adalah kondisi fisik para personel utamanya dari regu Putri, yang dirasa perlu perhatian lebih. Menurut Bapak Kiki, ini menjadi PR bagi guru olahraga, untuk membenahi bagaimana agar kondisi fisik dan semangat yang prima ketika masa latihan bisa ‘dilepaskan’ secara maksimal saat terjun langsung ke lapangan. Setelah dievaluasi, ke depannya, untuk regu Putra akan dilakukan perbaikan dan peningkatan gerakan serta variasi-variasi baru lagi. Sedangkan untuk regu Putri, perbaikan dan peningkatan akan difokuskan pada aspek kemampuan fisik dan stamina tiap personel agar bisa dengan lebih maksimal.

Meskipun demikian, perlu diakui bersama bahwa kiprah juang mereka dalam menyemarakkan gerak jalan akbar ini tetap patut mendapatkan apresiasi yang tinggi dari seluruh warga MTs. Abu Darrin, atas semangat kuat serta ‘Jiwa Api’ dan ‘Jiwa Angin’ mereka yang telah rela menerima segala bentuk rasa letih dan lelah demi ikut menjunjung tinggi nama MTs. Abu Darrin. Tetap berkarya dan semangat!! (maspurwa/ Media MTs. AD)

Lihat juga di youtube : https://youtu.be/Ue3KNMQuKKo

Referensi luar:

  1. https://www.jonegoroan.com/jadwal-gerak-jalan-bojonegoro/
  2. https://persbhayangkara.id/2022/08/21/189-regu-ikuti-gerak-jalan-17-km-tingkat-smp-sma-dan-perguruan-tinggi-di-bojonegoro/

Leave a Reply

Your email address will not be published.