“Nyambung Roso Nyadong Berkah”, MTs. Abu Darrin dan Jama’ah Hadiri Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah

Bojonegoro, 23 Agustus 2022

mtsabudarrin.sch.id – Suasana yang sangat tidak biasa menyelimuti sekitar wilayah Desa Sumbertlaseh, Desa Kendal, dan Desa Ngumpakdalem, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro pada hari Ahad pagi, 21 Agustus 2022. Pada hari itu, sepanjang ratusan meter Jl. KH. Moch. Rosyid lintas 3 desa tersebut ditutup total karena adanya gawe akbar, yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Abu Darrin (YPAD) dan Majlis Ta’lim Baabussa’adah (Mata Basah). Gawe akbar yang dimaksud tidak lain ialah “Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah”, yang berpusat di kompleks makam almaghfurlah KH. Abu Dzarrin wa dzurriyyah, Desa Kendal, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro. Dipimpin oleh Bapak KH. Saifurrohmah Dimyathi selaku Pembina YPAD sekaligus Pengasuh Majlis Ta’lim Baabussa’adah, acara ini diniatkan untuk menyambung silaturahmi dan menimba berkah serta mendoakan almarhumin Masyayech Kendal, almarhumin keluarga seluruh jama’ah yang hadir, dan almarhumin keluarga seluruh donatur Majlis Ta’lim Baabussa’adah.

Tahlil akbar ini diikuti oleh seluruh keluarga besar YPAD, tidak terkecuali MTs. Abu Darrin, juga seluruh santri pondok pesantren dzurriyyah almaghfurlah KH. Abu Dzarrin, serta ribuan jama’ah dari 150-an Majlis Ta’lim se-Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya. Turut hadir pula dalam acara ini para ulama (ahli ilmu Islam) dan Habaib (dzurriyyah Nabiyullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam) dari beberapa wilayah. Tidak hanya itu, di acara ini juga diundang tamu istimewa, seorang ulama kharismatik yang juga dzurriyyah Nabiyullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam, yakni beliau yang dirahmati Allah subhanahu wata’ala, Al-Mukarrom Al-Habib Umar Al-Muthohar dari Kota Semarang, sebagai pembicara sekaligus penyampai mauidhoh hasanah.

“Nyambung Roso Nyadong Berkah” dalam Tahlil Bersama dan Kirim Doa ini berarti “Menyambung Rasa Mencari Berkah”, yang maknanya membina silaturahmi yang mendalam antarsesama serta menimba kebaikan-kebaikan dan kemanfaatan lahir dan batin. Sehingga, dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan seluruh jama’ah dapat saling membina silaturahmi dengan mendalam, memperoleh kebaikan-kebaikan dan kemanfaatan lahir dan batin, serta mendapatkan ridho Allah subhanahu wata’ala di dunia maupun di akhirat kelak.

Rangkaian acara “Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah” ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi tahlil dan doa bersama dan sesi mauidhoh hasanah. Dimulai pukul 05.30 WIB dengan pembacaan surah Yaasiin berjama’ah, kompleks makam almaghfurlah KH. Abu Dzarrin wa dzurriyyah dan jalanan di sekitarnya sudah mulai ramai dipadati oleh para jama’ah. Selang sekitar 20 menit pembacaan surah Yaasiin selesai dan dilanjutkan dengan pembacaan kalimah tahlil, sholawat, dan mahalul qiyam secara berjama’ah dipimpin oleh oleh para ulama dan Habaib. Pukul 06.45 WIB, saat pembacaan mahalul qiyam sedang berlangsung, iring-iringan rombongan Al-Mukarrom Al-Habib Umar Al-Muthohar tiba di tengah-tengah para jama’ah, disambut mulia oleh para ulama dan Habaib. Beliau yang mulia beserta rombongan lantas langsung ikut berdiri bersama seluruh jama’ah dan para ulama dan Habaib untuk mengikuti mahalul qiyam.

Hadir di tengah-tengah jama’ah, Al-Mukarrom Al-Habib Umar Al-Muthohar beserta para ulama dan Habaib pimpin mahalul qiyam. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Pembacaan kalimah tahlil, sholawat, dan mahalul qiyam selesai dengan doa penutup dari para ulama dan Habaib, yang sekaligus mengakhiri sesi tahlil dan doa bersama. Namun, sebelum sesi mauidhoh hasanah dimulai, para jama’ah dipersilahkan untuk beristirahat sejenak terlebih dahulu sembari menikmati hidangan sarapan yang dibagikan oleh panitia acara. Meski sudah lewat separuh acara, namun para jama’ah masih terus berdatangan dari berbagai wilayah. Kehadiran para jama’ah ini semakin memenuhi jalanan, hingga sepanjang ratusan meter Jl. KH. Moch. Rosyid bak lautan manusia. Bahkan, area lapangan kampus B dan kampus D Madrasah Abu Darrin serta halaman Masjid Jami’ Assalafiyah Desa Sumbertlaseh juga tidak luput dari padatnya jama’ah yang ingin memperoleh berkah dalam tahlil akbar ini.

Memenuhi sepanjang Jl. KH. Moch. Rosyid bagian selatan, jama’ah ibu-ibu hikmat dalam mengikuti “Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah”. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Memenuhi sepanjang Jl. KH. Moch. Rosyid bagian utara, jama’ah bapak-bapak tidak kalah hikmat dalam mengikuti “Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah”. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Selesai santap sarapan, sesi mauidhoh hasanah pun dimulai. Al-Habib Umar Al-Muthohar selaku pembicara, memulai mauidhoh hasanah dengan mengajak para jama’ah untuk senantiasa bersyukur kepada Allah subhanahu wata’ala dan bersholawat kepada Nabiyullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam atas segala nikmat dan rahmat yang telah diberikan oleh-Nya serta atas jasa Nabiyullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam yang telah mencerahkan kehidupan dunia dengan agama Islam. Selanjutnya, kepada jama’ah, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Madinah, Kel. Cepoko, Kec. Gunungpati, Kota Semarang ini bertutur, bahwa orang yang shalih itu adalah orang yang baik hablumminallah-nya dan baik hablumminannaas-nya. Baik dalam beramal kepada Allah subhanahu wata’ala dan baik dalam ber-mu’amalah kepada sesama manusia.

 

Selanjutnya beliau menyampaikan, agar hidup seseorang menjadi lebih nikmat dan berkah, maka hendaknya ia memperbanyak amal shalih secara istiqomah. Di antara amal shalih sehari-hari yang banyak fadhilah-nya adalah membaca surah Al-Qur’an. Melalui beberapa hadits, beliau menyampaikan anjuran membaca Al-Qur’an khususnya surah Al-Kahfi pada malam Jum’at atau hari Jum’at. “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. Baihaqi). Bahkan, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Ibnu Hibban). Lalu, amal shalih berikutnya adalah mencintai dan menyantuni anak yatim, sebagaimana Nabiyullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam sangat mencintai anak yatim. Dan amal shalih yang juga tidak kalah penting adalah bersedekah, meskipun andaikata hanya dengan sebutir kurma. Maknanya, bersedekah itu tidak harus menunggu kaya terlebih dahulu untuk mengamalkannya. Sedekah itu sesuai dengan kadar kemampuan masing-masing manusia. Sekecil apapun bentuk atau nilai sedekah, akan memberikan manfaat yang besar kepada yang membutuhkannya (dan juga kepada yang mengamalkannya, red.).

“Barangsiapa yang berbuat baik maka kebaikan itu kembali kepada dirinya. Dan barangsiapa yang berbuat jelek, maka kejelekan itu kembali kepada dirinya. Oleh karena itu, mari kita berubah menjadi baik (dengan banyak beramal shalih, red.), insyaallah semuanya akan menjadi baik.” tutup Al-Habib Umar Al-Muthohar mengakhiri mauidhoh hasanah, yang kemudian beliau lanjutkan dengan pembacaan doa. Atas rahmat Allah subhanahu wata’ala, seluruh rangkaian acara Tahlil Bersama dan Kirim Doa ini berlangsung dengan baik, lancar, dan hikmat hingga berakhir pada pukul 09.00 WIB tanpa kendala apapun. Benih-benih ilmu dan manfaat telah tertanam dalam sanubari setiap jama’ah yang hadir dan mengindahkannya, menjadi bekal yang akan memuliakan kehidupan di dunia dan di akhirat kelak, insyaallah.

Al-Mukarrom Al-Habib Umar Al-Muthohar dari Semarang memberikan mauidhoh hasanah kepada para jama’ah “Tahlil Bersama dan Kirim Doa Majlis Ta’lim Baabussa’adah”. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Pasca berakhirnya acara, ditemui Media MTs. AD, Bapak KH. Saifurrohmah Dimyathi, Pembina YPAD yang juga Pengasuh Majlis Ta’lim Baabussa’adah berkenan menyampaikan inti dari terselenggaranya Tahlil Bersama dan Kirim Doa ini. “Kegiatan ini adalah kegiatan jama’ah, untuk jama’ah, dan kembali ke jama’ah. Maknanya siapapun yang datang di acara ini insyaallah akan mengambil keberkahan darinya. Mudah-mudahan tahun depan semakin banyak manusia (jama’ah, red.) yang hadir dan berkumpul (untuk saling menyambung silaturahmi dan menimba berkah, red.).” tutur beliau kepada Media MTs. AD. Allahumma baariklana, warhamna. (maspurwa/ Media MTs. AD)

lihat juga diyoutube : https://youtu.be/0noIYOkOhnE

Leave a Reply

Your email address will not be published.