Ungkapkan Syukur atas Nikmat Kemerdekaan pada Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-77, Madrasah Abu Darrin Gelar Tahlil Kubro dan Doa Bersama

Bojonegoro, 19 Agustus 2022

mtsabudarrin.sch.id – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 secara meriah di Lapangan Desa Ngumpakdalem (17/08/2022), dalam rangka mensyukuri nikmat Allah subhanahu wata’ala atas kemerdekaan bangsa Indonesia, Kamis, 18 Agustus 2022 Yayasan Pendidikan Abu Darrin (YPAD) menggelar acara “Tahlil Kubro dan Doa Bersama Madrasah Abu Darrin”. Acara ini dilaksanakan di kompleks makam almaghfurlah KH. Abu Dzarrin wa dzurriyyah, yang terletak di sebelah utara Kampus D MTs. Abu Darrin, dan diikuti oleh seluruh warga Madrasah Abu Darrin, mulai dari jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs.), hingga Madrasah Aliyah (MA), baik dari kalangan Pelajar (santri) maupun Dewan Guru dan Staff Tata Usaha (TU). Khusus untuk jenjang RA, acara tahlil dilaksanakan lebih awal, yaitu sekitar pukul 08.00 WIB, yang dipimpin oleh Ibu Hj. Zahrotun Ni’mah, S.Pd selaku Kepala RA Abu Darrin, dan berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Sedangkan untuk jenjang MI, MTs., dan MA, tahlil dimulai pukul 09.15 WIB. Acara ini diawali dengan pembacaan tawassul yang dipimpin oleh Bapak KH. Saifurrohmah Dimyathi selaku Pembina YPAD, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan untaian kalimah tahlil secara berjamaah oleh seluruh warga Madrasah Abu Darrin. Diselenggarakannya acara ini, selain sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan, juga dimaksudkan untuk mendoakan para pejuang dan pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Diharapkan, para generasi muda dapat memetik ilmu dan hikmah dari peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini.

Khusyu’, Bapak KH. Saifurrohmah Dimyathi (pegang mic) memimpin “Tahlil Kubro dan Doa Bersama Madrasah Abu Darrin”. (maspurwa/ Media MTs. AD)

Setelah berlangsung selama kurang lebih 30 menit, acara “Tahlil Kubro dan Doa Bersama Madrasah Abu Darrin” ini kemudian ditutup dengan pembacaan doa yang dilantunkan oleh Bapak KH. Anwar, salah satu guru sepuh Madrasah Abu Darrin. Terik matahari yang kian menyengat tidak menyurutkan niat mulia dan semangat warga Madrasah Abu Darrin untuk mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai. Semoga ampunan dan rahmat Allah subhanahu wata’ala menyertai para pejuang dan pahlawan bangsa yang gugur dalam jerih payah meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan semoga para generasi penerus bangsa, khususnya para santri Madrasah Abu Darrin senantiasa diberikan hidayah dalam ber-jihad bi tholabul ‘ilmi, memperoleh hikmah atas kemerdekaan negara Indonesia, menjadi generasi yang unggul dan berakhlak mulia, mampu mempersembahkan manfaat kepada orang tua, agama, serta nusa dan bangsa Indonesia bahkan dunia. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad. (maspurwa/ Media MTs. AD)

lihat juga di youtube : https://youtu.be/PmYnTOt5DO4

Leave a Reply

Your email address will not be published.