MTs Abu Darrin Adakan Ziarah Wali Jawa Tengah: Berangkat 17-18 Januari 2024

MTs Abu Darrin mengadakan acara ziarah ke makam para wali di Jawa Tengah pada tanggal 17-18 Januari 2024. Para peserta berangkat pukul 05.30 WIB dengan titik kumpul di kampus D MTs Abu Darrin.

Ziarah ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati para masyayikh pendiri Yayasan Pendidikan Abu Darrin serta mengunjungi sejumlah tempat bersejarah dan religius di Jawa Tengah.

Rencananya, peserta ziarah akan mengunjungi beberapa tempat suci, antara lain:

  1. Makam Masyayikh Pendiri Yayasan Pendidikan Abu Darrin: Sebagai penghormatan kepada para pendiri yayasan, peserta akan mengunjungi makam mereka untuk berdoa dan mengambil hikmah.
  2. Makam Sunan Muria: Sunan Muria merupakan salah satu dari sembilan wali songo yang makamnya terletak di Gunung Muria, Jawa Tengah. Makamnya menjadi tujuan ziarah yang sakral bagi umat Islam di Indonesia.
  3. Makam Sunan Kudus: Sunan Kudus adalah salah satu wali yang memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Jawa Tengah. Makamnya menjadi tempat ziarah yang populer bagi para peziarah.
  4. Makam Sunan Kalijogo: Sunan Kalijogo merupakan salah satu wali yang legendaris di Jawa Tengah. Makamnya sering dikunjungi oleh orang-orang yang mencari berkah dan petunjuk.
  5. Masjid Demak Raden Fatah: Masjid Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia dan dianggap sebagai simbol penyebaran Islam di Nusantara. Peserta akan mengunjungi masjid ini untuk mendapatkan berkah dan keberkahan.
  6. Makam Habib Ahmad Pekalongan: Habib Ahmad merupakan tokoh ulama yang memiliki pengaruh besar dalam pengembangan Islam di Jawa Tengah. Makamnya menjadi tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin memperoleh keberkahan.

Setelah menunaikan ziarah, acara akan diakhiri dengan berwisata di Wisata Celosia Semarang, tempat yang menawarkan pemandangan indah dan menarik untuk dinikmati.

Kepala Sekolah MTs Abu Darrin, Ibu Hj Farida I’ana, S.Ag., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan dan sejarah bagi para siswa. “Kami berharap dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini, siswa kami dapat lebih memahami dan menghayati sejarah serta nilai-nilai keagamaan yang ada,” katanya.

Para peserta diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalani kegiatan ziarah ini dengan penuh khidmat dan kekhusyukan (Kang O’In)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *